Blogger templates

Sabtu, 09 November 2013

Kabupaten Sragen


KABUPATEN SRAGEN 

    Kabupaten Sragen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Sragen memiliki luas wilayah wilayah sekitar 941,5 km². Di sebelah Utara, berbatasan dengan Kabupaten Grobogan, disebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar, disebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Ngawi (Jatim), serta sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Boyolali.
      Sragen berada di lembah daerah aliran Sungai Bengawan Solo yang mengalir ke arah timur. Sebelah utara berupa perbukitan, bagian dari sistem Pegunungan Kendeng. Sedangkan di selatan berupa pegunungan, lereng dari Gunung Lawu.

     Sragen terletak di jalur utama Solo-Surabaya. Kabupaten ini merupakan gerbang utama sebelah timur Provinsi Jawa Tengah, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Sragen dilintasi jalur kereta api lintas selatan Pulau Jawa (Surabaya-Yogyakarta-Jakarta) dengan stasiun terbesarnya Sragen, serta lintas Gundih-Solo Balapan. Stasiun kereta terbesar adalah stasiun Gemolong.Kabupaten Sragen terdiri atas 20 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 208 desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Sragen dengan luas wilayah 94.155 Ha.
Peta Kabupaten Sragen
 Kabupaten Sragen memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik. Mulai dari museum, waduk, dan masih banyak lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar